Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya


Sekolah Dasar  - Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya. Perlu kita ketahui wawasan tentang TIK semacam ini. Jadi kita bisa menyampaikan terhadap anak – anak didik kita di Sekolah Dasar. Kali ini Sekolah Dasar akan share tentang Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya.





Media penyimpanan komputer terdiri dari dua jenis, yakni media penyimpanan utama (memori utama) dan media penyimpanan sekunder (memori sekunder).





Memori utama





Memori utama (main memory) biasa disebut juga memori primer (primary memory) dan memori internal (internal memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini, yang disimpan didalam memori dapat berupa data atau program. Memori biasa dibedakan menjadi dua macam: ROM (Random Access Memory) dan RAM (Read Only Memory). Selain itu, terdapat pula memori yang disebut cache memory.





Media Penyimpanan Sekunder





Media penyimpanan sekunder menyangkut semua peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan sewaktu-waktu dapat dibaca kembali. Misalnya Hard Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD), dan Flash Disk. SSD saat ini merupakan salah satu media penyimpanan sekunder dengan kecepatan membaca maupun menulis data terbaik, dibandingkan dengan media penyimpanan sekunder yang lain Solid State Drive (SSD) dan Flashdisk.





Dua penyimpanan tersebut tidak asing buat kita selaku guru di tingkat Sekolah Dasar. Kita sering saling menukar data menggunakan alat – alat Penyimpanan Sekunder seperti Flash Disk.





Flash Disk
Flash Disk




Simpel bukan materi ini, semoga materi ini tersampaikan ke anak didik kita di jenjang Sekolah Dasar. Dengan memberikan materi tambahan semacam ini setidaknya kita sudah mengenalkan duni TIK yang paling dasar kepada anak – anak kita.





Kelak mereka akan mencari sendiri di jenjang lebih atas perihal materi materi TIK yang lebih kompleks lagi. Materi tentang Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya bisa lebih komples lagi kalau sudah di jenjang SMP, SMA maupun SMK dan sederajat.





Karena materi ini diperuntukan untuk anak – anak sekolah dasar. Maka pembahasan materi Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya kami buat simple saja. Semoga bermanfaat.





Baca Juga :






Posting Komentar untuk "Media Penyimpanan Komputer Berdasarkan Jenisnya"