Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Teams Memberikan Pengalaman Baru di Kelas


Sekolah Dasar - Microsoft Teams Memberikan Pengalaman Baru Di Kelas. Ada cerita seru dari rekan sejawat, tentang pemanfaatan microsoft teams dalam pembelajaran. Artikel ini merupakan kiriman dari salah satu rekan kami yang sudah menggunakan Salah satu produk Microsoft Office 365, yaitu microsoft teams.





Pandemi Covid-19 memaksa kita semua untuk berinovasi sepenuhnya dalam pembelajaran. Bagaimana cara menciptakan suasan belajar yang kreatif, inovatif dan bermakna walau tanpa tatap muka secara langsung. Banyak alat dan aplikasi yang bisa kita dapatkan dan manfaatkan untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu aplikasi yang saya gunakan di kelas 6 untuk mempermudah penyampaian materi secara masal yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Teams.





Mengapa saya menggunakan apliasi Microsoft Team dan tidak memilih aplikasi lainya. Sebab sekolah terdaftar menjadi mitra resmi dari Microsoft. Salah Satu Sekolah Dasar Negeri tempat saya mengajar memiliki hak akses penuh untuk semua layanan Microsoft. Jadi semua produk dibawah Microsoft secar legal bisa saya gunakan. Dari pemanfaatan akun untuk siswa, guru dan apliaksi lain didalamnya.





Untuk menjalankan aplikasi Microsoft Team diperlukan sebuah akun Microsoft. Sekolah Kami diberikan akses 5005 akun untuk siswa dengan kapasitas penyimpanan masing – masing 1 Giga Byte.





Dengan Microsoft Teams saya bisa menjelaskan materi yang saya ajarkan hari itu melalui layanan video call yang bisa dilakukan secara serentak dalam satu waktu. Pembelajaran di kelas 6 dengan sistem video call dirasa cukup efektiv sebab materi yang sudah cukup luas dan pembahasan yang dalam jika mengandalkan penjelasan teks saja akan sangat kurang. Maka dibutuhkan akses berupa komunikasi interaktif antara guru dan siswa saat pembelajaran. Dengan Microsoft Team semua itu bisa dilakukan.





Microsof Teams





Apa sebenarnya Microsof Teams ? Sebelum jauh ke pembahasan lain. Saya akan terangkan apa sebenarnya Microsoft Teams. Microsoft Teams, ruang kerja berbasis obrolan baru di Office 365. Microsoft Teams adalah pengalaman yang benar-benar baru, yang menyatukan orang-orang, percakapan, konten, serta alat yang diperlukan tim agar mereka dapat berkolaborasi dengan mudah guna meraih lebih banyak hal ( diakses dari : www.microsoft.com ).





Jadi bisa kita artikan bahwa aplikasi Microsoft Teamas adalah aplikasi berbasis audio visual yang merupakan salah satu produk dari office 365. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan obrolan dengan banyak orang dan bisa digunakan untuk pembelajaran berbasis daring dengan melibatkan sejumlah siswa dalam kelas itu.





Pemanfaatan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar





Microsoft Teams akan sangat efektif digunakan saat mengajar matematika. Apalagi untuk kelas 6. Saya biasa menggunakan ini disaat akan menerangkan langkah – langkah dalam muatan pelajaran Matematika. Jika memanfaatkan teks saja, banyak anak-anak yang kesulitan menangkap materi tersebut.. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut dibutuhkan penjelasan yang seolah seperti nyata.





Dengan Microsoft teams saya bisa menjelaskan materi dengan share materi PTT dan di pertegas dengan penjelasan live dari saya. Dalam satu aplikasi ini saya bisa menunjukan materi melalui teks dan penjelasan melalui suara. Diakhir sesi pembelajaran biasa saya manfaatkan untuk sesi Tanya jawab dan dialog interaktif melalui aplikasi ini.





Keunggulan Microsoft Teams Untuk Pembelajaran





Setiap apliasi memiliki keunggulan masing – masing sesuai dengan tujuan awal aplikasi tersebut dibuat. Untuk Microsof Teams sendiri bisa kita maksimalkan dalam pembelajaran matematika. Sebab apliaksi ini sangat membantu sekali untuk bisa menampilkan video grafis dan audio grafis secara live.





Proses pembelajaran matematika memerlukan suasana pembelajaran yang interaktif jadi keterlibatan guru dan siswa dibutuhkan. Dengan begitu anak akan lebih menyerap materi yang diajarkan.  Keunggulan dan kebermannfaatan apliasi Microsoft Team yang bisa saya manfaatkan dikelas 6 khususnya saat pembelajaran Matematika yaitu. Saya bisa melakukan share video yang saya dapatkan dari berbagai sumber missal saya memperoleh video pembelajaran menarik dari youtube dan saya download saya bisa tampilkan secara live disini. Sehingga siswa akan lebih senang dan memahami materi yang disampaikan.





Hasil Yang diperoleh Dengan Memanfaatkan Microsof Teams





Hasil yang diperoleh selama memanfaatkan apliaksi Microsof Teams untuk pembelajaran matematika di Kelas 6 yaitu. Antusias siswa lebih menngkat dalam pembelajaran berbasis daring. Keterlibatan siswa sangat tinggi sebab mereka tidak mau tertinggal dengan teman – temanya. Dan materi yang terserap lebih dari yang diharapkan.Itulah ulasan saya menggunakan Microsoft temas dikelas 6 khusus pembelajaran matematika yang membutuhkan keterlibatan aktif siswa secara daring.





Semoga artikel tentang Microsoft Teams Memberikan Pengalaman Baru di Kelas. Bisa menjadi bahan bacaan untuk para guru Sekolah Dasar.





Baca Juga : Cara Uploud Foto Ke Instagram Pc, Menggunakan Laptop Sangat Mudah!


Posting Komentar untuk "Microsoft Teams Memberikan Pengalaman Baru di Kelas"