6 Jenis Sistem Operasi Smartphone


Sumber : intel.co.id
Sekolah Dasar - 6 Jenis Sistem Operasi Smartphone. Kali ini Sekolah Dasar akan mengulas Jenis-Jenis Sistem Operasi pada Smartphone. Semoga pembahasan berikut bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar IT.

Baca Juga : Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2021 

  1. Android
    Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Sistem operasi ini sangat rentan terhadap virus karena bersifat open sources, tapi disisi lain dengan adanya open sources dari Android para pengguna Android dapat memodifikasi sistem operasi ini dengan bebas.
  2. iOS Apple
    iOS Apple hanya dimiliki dan dikembangkan oleh Apple Inc. Selain brand Apple, tidak ada lagi smartphone lain yang bisa menggunakan sistem operasi ini. Pertama kali iOS Apple dikenalkan dengan nama iPhone OS yang diluncurkan bersama dengan Apple iPhone pada
    bulan Juli 2007. Pada pertengahan 2010, barulah sistem operasi diganti dengan nama iOS Apple.
  3. Windows Phone
    Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi mobile ini dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya.
  4. Symbian
    Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Symbian juga bukanlah sistem operasi yang open source, tetapi karna diperlukan API sehingga banyak pihak developer yang salah mengartikan bahwa source code nya tidak di distribusikan secara bebas.
  5. FireFox
    Mozilla, perusahaan yang mengembangkan aplikasi peramban (browser) Firefox, berencana untuk membuat sistem operasi kode sumber terbuka (open source) untuk perangkat mobile bernama Firefox OS. FireFox OS adalah sistem operasi mobile yang bebas dari teknologi ekslusif saat ini menjadi platform yang kuat yang memberikan pengembang aplikasi kesempatan untuk menciptakan produk unggulan Selain itu, Firefox OS fleksibel dan cukup mampu membuat pengguna bahagia.
  6. Ubuntu Mobile
    Linux adalah turunan Debian yang dikembangkan oleh Canonical Ltd, Ubuntu Phone OS sendiri dikembangkan oleh Ubuntu dengan tujuan untuk memberikan pengguna ponsel pengalaman yang mirip dengan Ubuntu versi desktop. Ubuntu Phone OS juga memiliki fungsi multitasking untuk mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi yang sebelumnya dijalankan.

Demikian pembahasan tentang Jenis Sistem Operasi Smartphone. Semoga bermanfaat.