Kartu e-Toll, Scanner dan Web Camera


Sekolah Dasar  - Kartu e-Toll, Scanner dan Web Camera. Kali ini Sekolah Dasar akan share materi dasar TIK. Disini kita bisa mengenal beberapa istilah dan alat yang sering kita jumpai seperti e-Toll, Scanner dan Web Camera.

Kartu e-Toll, Scanner dan Web Camera


Tentang Kartu e-Toll

RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID kini banyak dipakai diberbagai bidang, salah satunya dalam bidang transportasi.

Dalam bidang transportasi, terdapat inovasi baru yakni kartu e-toll. Kartu e-toll ini digunakan untuk menggantikan pembayaran masuk gerbang toll, yang semula dilakukan secara tunai, menjadi non tunai. Kartu e-toll menggunakan sistem identifikasi dengan gelombang radio.

Untuk itu minimal dibutuhkan dua buah perangkat, yaitu yang disebut TAG dan READER. Saat pemindaian data, READER membaca sinyal yang diberikan oleh TAG kartu e-toll.

Scanner (Pemindai)

Scanner (pemindai) berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer. Salah satu contoh mesin scanner yang sering kita jumpai di minimarket/toko adalah Barcode Scanner.

Barcode scanner ini berfungsi untuk mengkonversi gambar barcode, menjadi data digital (biasanya berupa data harga dan jenis barang), sehingga dapat dimengerti oleh komputer dan akhirnya bisa dicetak menjadi struk belanja sebagai bukti pembayaran yang sah.

Web Camera

Web camera merupakan sebuah kamera kecil yang biasa di letakkan di dalam sebuah komputer. Pada laptop, web camera merupakan salah satu perangkat input standar yang ditanamkan. Sedangkan pada komputer desktop, web camera merupakan salah satu perangkat input tambahan. Web camera dapat digunakan untuk melakukan video call atau video conference.

Demikian pembahasan singkat tentang beerapa alat yang sering kita jumpai seperti Kartu e-Toll, Scanner dan Web Camera. Dengan ulasan diatas minimal kita tahu istilah – istilah TIK sederhana tentang alat – alat tersebut. Sebagai seorang guru Sekolah Dasar kita wajib mengetahui hal – hal semacam ini, sebagai referensi untuk kita masukan dalam muatan pembelajaran yang terkait.

Baca Juga :