Perangkat Output Komputer Berdasarkan Jenisnya


Sekolah Dasar - Perangkat Output Komputer Berdasarkan Jenisnya. Untuk materi Tekno Guru kali ini Sekolah Dasar akan bahas ringan seputar Perangkat Output Komputer Berdasarkan Jenisnya. Materi sederhana ini semoga bisa tersampaikan ke anak – anak kita sebagai bahan literasi pengenalan TIK dasar yang harusnya mulai dikenalkan sejak dini. Lebih khsuus kita sebagai guru harus terlebih dahulu tahu akan hal – hal semacam ini.

Perangkat Output atau perangkat keluaran yaitu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output yang umum digunakan antara lain:

Monitor

Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di layar.

Proyektor

Hampir sama fungsinya dengan monitor, proyektor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks, grafik, atau gambar di screen yang biasanya terpasang di tembok. Dengan menggunakan proyektor, data yang ditampilkan akan terlihat lebih besar, dari pada hanya ditampilkan melalui monitor.

Printer

Printer merupakan peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi, dari komputer dengan kertas. Pada printer model terkini, sudah dilengkapi pula dengan fitur scanner dan fotocopy. Sehingga, selain bisa digunakan untuk mencetak dokumen, printer tersebut juga bisa digunakan untuk memindai dokumen, maupun untuk memfotokopi dokumen.

Speaker

Speaker merupakan perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer. Pada speaker model terkini, sudah tidak dilengkapi lagi dengan kabel, dan menggunakan teknologi Bluetooth untuk dapat terkoneksi dengan komputer.

Itulah contoh 4 perangkat output yang sering digunakan ( Printer, Monitor, Proyektor, Speaker ). Ke 4 alat tadi mungkin beberapa anak – anak kita tahu akan wujudnya, akan tetapi nama dari setiap jenis perangkat output tadi belum tentu mereka tahu.

Jika pengetahuan ini tentang perangkat output computer kita sampaikan maka pemahaman dasar akan perihal Teknologi Informasi bisa mereka dapatkan. Caranya kita masukan kedalam pembelajaran dengan cara mengkolaborasikan dengan muatan pelajaran yang sedang kita ajarkan.