Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran

 Sekolah Dasar - Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran. Pengembangan Keprofesian Bekelanjutan merupakan salah satu unsur utama dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karir guru. Melalui kegiatan tersebut diharapkan terwujudnya guru profesional yang memiliki ilmu pengetahuan kuat dan tuntas serta kepribadian kuat, matang dan seimbang sehingga trampil menyajikan pendidikan bermutu untuk membimbing peserta didik berkembang sesuai tuntutan zaman. 

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan mencakup pengembangan dari, publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif. Pada kesempatan ini, Sekolah Dasar akan membagikan contoh Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran yang sangat mudah untuk dibuatnya dan bisa didownlod sebagai salah satu kegiatan dari subunsur karya inovatif. 

Kategori Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran dan Angka Keditnya

Dalam membuat Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran harus tertulis cara pembuatan dan penggunaan alat peraga video pembelajaran yang dilengkapi dengan soft file video tersebut ke dalam CD untuk dikirim ke tim penilai. Laporan juga harus dilengkapi lembar pengesahan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa alat peraga video pembelajaran tersebut digunakan di sekolahnya.

Dalam pembuatan video pembelajaran terdapat dua kategori yaitu:

  • Kategori kompleks. Sobat dapat membuat setiap alat peraga video/animasi pembelajaran dengan durasi minimal 30 menit dan bernilai angka kredit 2. 
  • Kategori sederhana. Setiap alat peraga video/animasi pembelajaran dengan durasi minimal 15 menit dan bernilai angka kredit 1. 

Kerangka Isi Format Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran

  1. HALAMAN JUDUL (Memuat judul jenis laporan, nama alat peraga video pembelajaran, nama pembuat, NIP bagi PNS dan nama sekolah/lokasi)
  2. HALAMAN PENGESAHAN (Pengesahan oleh kepala sekolah)
  3. HALAMAN PERNYATAAN (Berisi pernyataan dari pembuat bahwa alat peraga video pembelajaran tersebut benar-benar asli hasil karya guru yang bersangkutan)
  4. KATA PENGANTAR
  5. DAFTAR ISI
  6. DAFTAR GAMBAR/FOTO
  7. TUJUAN
  8. MANFAAT
  9. RANCANGAN/DESAIN (Rancangan/desain alat peraga video pembelajaran dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan)
  10. PROSEDUR PEMBUATAN (Dilengkapi dengan foto pembuatan)
  11. PENGGUNAAN DI SEKOLAH (Dilengkapi dengan foto penggunaan)
  12. Dampak peningkatan terhadap kualitas dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik

Download Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran

Berikut link download Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran:


Demikian contoh Laporan Pembuatan Alat Peraga Video Pembelajaran dari kami, semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi Sobat SD.