Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19

 Sekolah Dasar - Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19. Pandemi Covid-19 belum usai. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menekan tingkat penularan Covid-19 yaitu dengan terus melakukan percepatan vaksinasi di setiap daerah.

Bukti kalau Sobat sudah pernah menjalani vaksinansi yaitu dengan adanya sertifikat vaksin. 

Sertifikat vaksin ini sekarang sudah menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki untuk dapat mengikuti hampir setiap kegiatan. Contohnya saat kita akan mengunjungi mall saja, pasti petugas mall akan menanyakan sertifikat vaksin yang kita miliki. Jika kita tidak memilikinya, maka siap-siap Anda disuruh balik kanan karena tidak diperbolehkan masuk ke mall tersebut. Selain itu, untuk penerima bantuan dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan jenis bantuan lainnya, dalam pengambilannya harus menunjukkan bukti sertifikat vaksin. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 ?

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 harus melalui langkah-langkah berikut:

Mendaftarkan Diri Ikut Vaksinasi Covid-19

Langkah pertama Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 yaitu mendaftarkan diri untuk megikuti program vaksinasi Covid-19. Biasanya kegiatan ini akan diumumkan di media sosial milik puskesmas atau fasilitas kesehatan yang mengadakannya. Anda bisa mendaftar melalui link yang disediakan faskes tersebuat atau mendaftar lansung ke lokasi vaksinansi.

Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Setelah mendaftar, Sobat bisa datang ke lokasi pelayanan vaksinasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan menerima suntikan vaksinasi sesuai dengan jenis vaksinnya.

Mengunduh Sertifikat Vaksin Covid-19

Langkah selanjutnya untuk Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 yaitu dengan mengunduh sertifikat vaksin setelah mengikuti vaksinasi. 
Untuk mengunduh sertifikat vaksin ada beberapa cara yaitu:

1. Mengunduh dari Link yang Dikirim Melalui SMS

Biasanya sesaat setelah kita menerima suntikan vaksin, nomor HP kita yang dgunakan untuk mendaftar vaksinasi akan menerima SMS dari 1199 yang berisi link untuk mengunduh sertifikat.

2. Mengunduh Melalui PeduliLindungi.id

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 selanjutnya yaitu melalui website www.pedulilindungi.id atau Sobat dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi di playstore.

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 mengunduh melalui website yaitu dengan mengunjungi laman www.pedulilindungi.id di webbrowser leptop atau smartphone Anda. 
Setelah itu, akan muncul tampilan seeperti di bawah ini :
Untuk mengunduh sertifikat vaksin, anda klik tulisan yang saya beri tanda panah warna merah. 

Langkah selanjutnya klik daftar, jika Anda belum memiliki akun. sedangakan jika sudah memiliki akun peduli lindungi, silahkan masukkan nomor telepon atau alamat email yang sudah pernah anda gunakan untuk mendaftar.
Langkah Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 selanjutnya setelah klik daftar, Anda akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini:

Silahkan Anda isikan nama lengkap dan nomor telepon yang aktif, karena akan segera dikirm kode OTP melalui SMS ke nomor Anda tersebut. Setelah itu, centang persyaratan dan recaptcha nya. Klik daftar.

Selanjutnya anda masuk dengan menuliskan nomor Hp yang sudah Anda daftarkan. 
Periksa Hp anda dan masukkan SMS yang berisi 6 digit kode verifikasi tersebut. klik verifikasi.
Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman beranda dari www.pedulilindungi.id dan mendapati halaman seperti ini:
Silahkan isikan nama lengkap, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksin dan jenis vaksin yang sudah Sobat ikuti. Kemudian cetang recaptchanya dan klik periksa.
Secara otomatis akan muncul sertifikat vaksin Sobat.
Untuk mengunduhnya, silahkan klik sertifikat tersebut dan akan terlihat tampilan layar penuh berisi sertifikat. Scrol ke bagian bawah, klik unduh. Sobat sudah dapat mengunduh dan menyimpan sertifikat di perangkat.

Jika ingin mencetaknya Sobat dapat meminta tolong ke jasa pencetakan sertifikat, atau jika sobat memiliki printer sendiri di rumah, dapat lansung dicetak sendiri.

Demikian penjelasan tentang Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin Covid-19 yang sangat mudah dan dapat Sobat praktikan sendiri. Semoga bermanfaat.