Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI — Halo adik-adik semuanya, salam sehat dan terus belajar. Berikut jawaban pada soal “Uji Pemahaman” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 1 tentang “Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi” Topik C “Perkembangbiakan Tumbuhan” C.2” Penyebaran Biji”.

Alangkah baiknya jika sebelum mengerjakan soal yang ada pada buku siswa, adik-adik kelas 4 SD/MI membaca dan memahami materinya terlebih dahulu. Sebab, soal yang terdapat pada buku siswa itu berasal dari materi materi tersebut. Semakin sering membaca dan memahami materinya, maka adik-adik akan semakin mudah dalam mengerjakan soal yang ada pada buku.

Sesudah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Disini, kami juga menyediakan jawaban lengkap berserta dengan pembahasannya. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan untuk menyakinkan jawaban yang telah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI

Uji Pemahaman

A. Bagian Tubuh Tumbuhan

Amati gambar bunga mawar di samping. Lalu, sebutkan dan jelaskan bagian tubuh bunga tersebut yang berfungsi sebagai:

1. Membantu pertumbuhan tanaman

Jawaban
Akar, batang, dan daun
Akar → karena berfungsi menyerap air untuk kebutuhan fotosintesis
Batang → karena berfungsi untuk menyebarkan air dan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan
Daun → karena berfungsi sebagai tempat fotosintesis untuk menghasilkan makanan

2. Melindungi diri

Jawaban
Akar → karena membuat tanaman tertanam kokoh di dalam tanah sehingga tidak mudah dicabut.
Batang → karena membuat tanaman berdiri tegak dan tidak mudah jatuh tertiup angin

Duri → karena bisa melindungi tanaman dari hewan yang ingin memangsa atau memetiknya.

3. Alat berkembang biak.

Jawaban
Bunga → karena memiliki benang sari (alat perkembangbiakan jantan) dan putik (alat perkembangbiakan betina) yang bisa menghasilkan biji

B. Proses Fotosintesis

Aga mempunyai 2 pot tanaman stroberi di rumahnya. Kemudian, ia melakukan percobaan menggunakan 2 tanaman tersebut. Pot A disimpan di halaman depan rumahnya. Pot B disimpan di dalam lemari. Ia rutin memberikan air untuk kedua tanaman tersebut. Setelah 2 minggu kemudian, Aga melihat Pot A masih dalam kondisi segar dan tumbuh. Namun, tanaman pada pot B layu dan mati.

Jawablah pertanyaan berikut untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan kedua tanaman tersebut.

1. Apa yang membedakan pot A dan pot B dalam percobaan Aga?

Jawaban
Yang membedakan antara kedua gambar diatas adalah : pada Pot A mendapatkan sinar Matahari sedangkan pot B tidak mendapat sinar matahari.

2. Mengapa pot B layu walaupun sudah disiram air oleh Aga?

Jawaban
Tanaman membutuhkan bantuan sinar Matahari untuk melakukan fotosintesis. Pada pot B tidak mendapatkan sinar matahari sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, pot B tidak bisa menghasilkan makanan untuk tumbuh dan akhirnya layu.

C. Penyebaran Biji pada Tumbuhan

Amati makhluk hidup berikut!

1. Berikan 2 cara yang bisa membantu proses penyerbukan pada gambar A!

Jawaban
Dengan bantuan hewan pemakan nektar. Hewan ini akan membawa serbuk sari dan membantunya menempel di kepala putik bunga.

→  Dengan bantuan angin. Angin bertiup membawa serbuk sari dan jatuh di kepala putik.

2. Bagaimana cara penyebaran biji yang dilakukan tupai pada gambar B? Tanaman seperti apa yang bisa disebar dengan cara tersebut?

Jawaban
Biji-biji yang dikubur tupai dalam tanah bisa tumbuh jika ada hujan dan mendapat sinar matahari. Tanaman yang cocok dengan cara ini adalah tanaman berbiji yang bisa dimakan.

Penutup

Demikian Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI beserta dengan pembahasannya. Semoga dengan adanya jawaban dan pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.