Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI — Halo adik-adik semuanya, salam sehat dan terus belajar. Berikut jawaban pada soal “Uji Pemahaman” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 1 tentang “Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi” Topik C “Perkembangbiakan Tumbuhan” C.2” Penyebaran Biji”.
Alangkah baiknya jika sebelum mengerjakan soal yang
ada pada buku siswa, adik-adik kelas 4 SD/MI membaca dan memahami materinya
terlebih dahulu. Sebab, soal yang terdapat pada buku siswa itu berasal dari
materi materi tersebut. Semakin sering membaca dan memahami materinya, maka adik-adik
akan semakin mudah dalam mengerjakan soal yang ada pada buku.
Sesudah adik adik
memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini.
Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan,
ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun
diskusi dengan teman.
Disini, kami juga menyediakan jawaban lengkap berserta
dengan pembahasannya. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4
ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan untuk menyakinkan jawaban yang telah adik adik kerjakan sebelumnya.
Jawaban IPAS Halaman 31-32 Kelas 4 SD/MI
Uji Pemahaman
A. Bagian Tubuh Tumbuhan
Amati gambar bunga mawar di samping. Lalu, sebutkan dan
jelaskan bagian tubuh bunga tersebut yang berfungsi sebagai:
1. Membantu pertumbuhan tanaman
Jawaban
Akar, batang, dan daun
Akar → karena berfungsi menyerap air untuk kebutuhan
fotosintesis
Batang → karena berfungsi untuk menyebarkan air dan hasil
fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan
Daun → karena berfungsi sebagai tempat fotosintesis untuk
menghasilkan makanan
2. Melindungi diri
Jawaban
Akar → karena membuat tanaman tertanam kokoh di dalam tanah
sehingga tidak mudah dicabut.
Batang → karena membuat tanaman berdiri tegak dan tidak
mudah jatuh tertiup angin
Duri → karena bisa melindungi tanaman dari hewan yang ingin memangsa atau memetiknya.
3. Alat berkembang biak.
Jawaban
Bunga → karena memiliki benang sari (alat perkembangbiakan
jantan) dan putik (alat perkembangbiakan betina) yang bisa menghasilkan biji
B. Proses Fotosintesis
Aga mempunyai 2 pot tanaman stroberi di rumahnya. Kemudian,
ia melakukan percobaan menggunakan 2 tanaman tersebut. Pot A disimpan di
halaman depan rumahnya. Pot B disimpan di dalam lemari. Ia rutin memberikan air
untuk kedua tanaman tersebut. Setelah 2 minggu kemudian, Aga melihat Pot A
masih dalam kondisi segar dan tumbuh. Namun, tanaman pada pot B layu dan mati.
Jawablah pertanyaan berikut untuk mengetahui perbedaan
pertumbuhan kedua tanaman tersebut.
1. Apa yang membedakan pot A dan pot B dalam percobaan Aga?
Jawaban
Yang membedakan antara kedua gambar diatas adalah : pada Pot
A mendapatkan sinar Matahari sedangkan pot B tidak mendapat sinar matahari.
2. Mengapa pot B layu walaupun sudah disiram air oleh Aga?
Jawaban
Tanaman membutuhkan bantuan sinar Matahari untuk melakukan
fotosintesis. Pada pot B tidak mendapatkan sinar matahari sehingga tidak bisa
melakukan fotosintesis. Oleh karena itu, pot B tidak bisa menghasilkan makanan
untuk tumbuh dan akhirnya layu.
C. Penyebaran Biji pada Tumbuhan
Amati makhluk hidup berikut!
1. Berikan 2 cara yang bisa membantu proses penyerbukan pada
gambar A!
Jawaban
Dengan bantuan hewan pemakan nektar. Hewan ini akan membawa
serbuk sari dan membantunya menempel di kepala putik bunga.
→ Dengan bantuan
angin. Angin bertiup membawa serbuk sari dan jatuh di kepala putik.
2. Bagaimana cara penyebaran biji yang dilakukan tupai pada
gambar B? Tanaman seperti apa yang bisa disebar dengan cara tersebut?
Jawaban
Biji-biji yang dikubur tupai dalam tanah bisa tumbuh
jika ada hujan dan mendapat sinar matahari. Tanaman yang cocok dengan cara ini
adalah tanaman berbiji yang bisa dimakan.
Penutup
Demikian Jawaban Lengkap IPAS Halaman 31-32 Kelas 4
SD/MI beserta dengan pembahasannya. Semoga dengan adanya jawaban dan pembahasan
diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan
pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar
dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.
Catatan :
1. Konten ini dibuat untuk membantu serta
membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa
siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak
mutlak menjamin kebenaran jawaban.