Jawaban Lengkap IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 158-159
Jawaban Lengkap IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 158-159 — Halo adik-adik siswa kelas 4, tetap sehat dan terus semangat dalam belajar. Kali ini kita akan membahas jawaban pada soal “Mari Mencoba” pada muatan pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 6 tentang “Indonesiaku Kaya Budaya” Topik C “Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya”.
Sangat baik bila adik-adik membaca dan memahami
materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, soal
yang terdapat pada buku siswa itu berasal dari materi materi tersebut. Semakin
sering membaca dan memahami materinya, maka adik-adik akan semakin mudah dalam
mengerjakan soal yang ada pada buku.
Sesudah adik adik memahami materi barulah adik-adik
mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan
dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik
mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.
Disini, kami juga menyediakan jawaban lengkap berserta
dengan pembahasannya. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 158-159 Kelas
4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik
semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.
Jawaban Lengkap IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 158-159
Mari Mencoba
Mari kita cari keragaman budaya yang ada di sekitar
kita! Perhatikan instruksi berikut sebelum memulai
1. Salinlah tabel informasi keragaman berikut.
Jawaban
No |
Nama |
Asal Daerah |
Makanan Khas |
Bahasa |
1 |
Warsono |
Jawa Tengah |
Mendoan |
Jawa |
2 |
Tigor |
Sumatera Utara |
Bika Ambon |
Batak |
3 |
Yeni |
Sumatera Barat |
Rendang |
Minang |
4 |
Ketut |
Bali |
Ayam Betutu |
Bali |
5. |
Kogoya |
Papua |
Papeda |
Papua |
No |
Kesenian Daerah |
Suku |
Senjata Tradisional |
Tradisi |
1. |
Kuda Kepang |
Jawa |
Keris |
Sadranan, Ruwatan |
2 |
Tari Serampang
Dua Belas |
Batak Karo |
Klewang Padang |
Mangulosi |
3 |
Saluang |
Minang, Batak |
Gaja Dompak |
Balimau |
4 |
Ogoh-ogoh |
Sasak |
Keris, Kandik |
Ngaben,
Mekare-kare |
5. |
Tari Sajojo |
Asmat |
Panah, Tombak |
Bakar Batu |
Keterangan: Kesenian daerah bisa meliputi lagu, tari,
dan alat musik daerah.
2. Wawancarailah 10 orang teman, guru, atau
orang-orang di sekitar kalian mengenai ciri khas budaya di daerahnya. Tanyakan
sesuai tabel tersebut.
3. Kumpulkan hasil wawancara sesuai arahan guru
kalian.
4. Dengan melihat hasil wawancara, coba jawab beberapa
pertanyaan berikut.
a. Apa saja keragaman budaya yang kalian temukan?
Jawaban
Keragaman makanan khas, bahasa, suku, bahasa, dan
kesenian daerah
b. Apa nama suku terbanyak yang kalian dapatkan dari
hasil wawancara?
Jawaban
Jawa
c. Apa lagu daerah yang sudah kalian ketahui?
Jawaban
Kampuang Nan Jauah di Mato, Lagu Gundul Pacul, dan
Lagu Apuse
d. Apa nama makanan khas yang belum pernah kalian
coba? Sebutkan dari mana asalnya!
Jawaban
Papeda dari Papua dan Ayam Betutu dari Bali
e. Mengapa terdapat keragaman budaya di daerah kalian?
Jawaban
Secara umum, Keragaman budaya di daerah masing-masing dapat disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:
Sejarah
Daerah tertentu dapat memiliki sejarah yang berbeda, seperti penjajahan, migrasi, dan perpaduan budaya yang memengaruhi perkembangan budaya lokal.
Geografis
Faktor geografis seperti letak geografis, iklim, dan lingkungan dapat memengaruhi budaya lokal. Daerah yang berada di wilayah yang berbeda dapat memiliki budaya yang berbeda pula.
Agama
Agama dapat memainkan peran penting dalam membentuk budaya dan nilai-nilai di daerah tertentu. Beberapa daerah mungkin memiliki agama yang sama, sementara yang lainnya mungkin memiliki agama yang berbeda-beda.
Bahasa
Perbedaan bahasa di daerah tertentu juga dapat memengaruhi budaya. Bahasa yang berbeda dapat memperlihatkan perbedaan budaya dan tradisi yang terkait dengan bahasa tersebut.
Keadaan sosial-ekonomi
Faktor sosial dan ekonomi, seperti tingkat pendidikan, pekerjaan, dan status sosial, dapat memengaruhi cara hidup dan budaya di suatu daerah.
Keterbukaan
Daerah yang lebih terbuka terhadap pengaruh luar seperti budaya asing dapat memiliki budaya yang lebih beragam dan maju.
Adat dan kebiasaan
Adat dan kebiasaan yang diteruskan dari generasi ke generasi juga dapat menjadi faktor penting yang mempengaruhi keragaman budaya di daerah tertentu.
Faktor-faktor tersebut bisa bekerja bersama-sama atau secara terpisah dalam membentuk keragaman budaya di daerah tertentu.
Tetapi keragaman budaya di daerah kami karena memiliki perbedaan kondisi alam, letak geografis, adanya penerimaan masyarakat terhadap perubahan, serta adanya perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi.
5. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi
bersama. Setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khas budayanya
masing[1]masing. Mulai dari pakaian adat, makanan tradisional, rumah adat, dan
masih banyak lagi. Perbedaan inilah yang membuat Indonesia menjadi indah dan
unik.
Penutup
Itulah Jawaban Lengkap IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 158-159
beserta dengan pembahasannya. Semoga dengan adanya jawaban dan pembahasan
diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan
pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Pastikan untuk selalu belajar
dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.
Catatan :
1. Konten ini dibuat untuk membantu serta
membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa
siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak
mutlak menjamin kebenaran jawaban.