Jawaban Lengkap Matematika Kelas 10 Halaman 230-231
Jawaban Lengkap IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 230-231 — Halo adik-adik siswa kelas 10, tetap sehat dan terus semangat dalam belajar. Kali ini kita akan membahas jawaban pada soal “Soal Aplikasi” pada muatan pelajaran Matematika kelas 10 SMA/SMK/MA. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, adik adik semuanya dapat memahami materi yang ada di dalam buku maupun yang telah di berikan oleh bapak ibu guru didepan kelas.
Sangat baik bila adik-adik membaca dan memahami
materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, soal
yang terdapat pada buku siswa itu berasal dari materi materi tersebut. Semakin
sering membaca dan memahami materinya, maka adik-adik akan semakin mudah dalam
mengerjakan soal yang ada pada buku.
Sesudah adik adik memahami materi barulah adik-adik
mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan
dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik
mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.
Disini, kami juga menyediakan jawaban lengkap berserta
dengan pembahasannya. Dan pembahasan jawaban lengkap Matematika Halaman 230-231
Kelas 10 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik
adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya
Jawaban Matematika Kelas 10 Halaman 230-231
Soal Aplikasi
4. Misalnya kalian melemparkan sebuah dadu dan kemudian melemparkannya kembali. Dadu berbentuk tetrahedron (limas segitiga) beraturan dan terdapat angka 1, 2, 3, dan 4 pada sisinyaGambar 8.5 Dadu Berbentuk Limas Segitiga
a. Buatlah bagan yang menunjukkan ruang sampel dari
semua kemungkinan hasilnya.
b. Ada berapa hasil kemungkinan? Apakah semua sama
besar kemungkinannya?
c. Buatlah tabel distribusi peluang untuk selisih dari
kedua dadu (dadu pertama-dadu kedua). [Keterangan: Bukan nilai mutlak dari
selisih]
d. Selisih apa yang paling mungkin kalian dapatkan?
e. Berapa peluang bahwa selisihnya paling besar 2?
Jawaban
a.
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
(1,1) |
(1,2) |
(1,3) |
(1,4) |
2 |
(2,1) |
(2,2) |
(2,3) |
(2,4) |
3 |
(3,1) |
(3,2) |
(3,3) |
(3,4) |
4 |
(4,1) |
(4,2) |
(4,3) |
(4,4) |
b. 16 hasil kemungkinan dan sama besar kemungkinannya
c.
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
0 |
-1 |
-2 |
-3 |
2 |
1 |
0 |
-1 |
-2 |
3 |
2 |
1 |
0 |
-1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
Selisih |
Peluang |
-3 |
1/16 |
-2 |
2/16 |
-1 |
3/16 |
0 |
4/16 |
1 |
3/16 |
2 |
2/16 |
3 |
1/16 |
d. Selisih 0
e. 1/16 + 2/16 + 3/16 + 4/16 + 3/16 + 2/16 = 15/16
atau 1 – 1/16 = 15/16
5. Misalnya kalian melemparkan dadu berbentuk
tetrahedron (limas segitiga beraturan) dan sebuah dadu biasa (berbentuk kubus
dengan enam sisi) pada saat yang sama.
a. Buatlah bagan yang menunjukkan ruang sampel dari
semua hasil yang mungkin.
b. Berapa banyak hasil yang mungkin? Apakah semuanya
sama besar kemungkinannya?
c. Buatlah tabel untuk distribusi peluang dari jumlah
kedua dadu.
d. Jumlah apa yang paling mungkin didapat?
e. Berapa peluang bahwa jumlahnya paling banyak 3?
Jawaban
a.
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
1 |
(1,1) |
(1,2) |
(1,3) |
(1,4) |
(1,5) |
(1,6) |
2 |
(2,1) |
(2,2) |
(2,3) |
(2,4) |
(2,5) |
(2,6) |
3 |
(3,1) |
(3,2) |
(3,3) |
(3,4) |
(3,5) |
(3,6) |
4 |
(4,1) |
(4,2) |
(4,3) |
(4,4) |
(4,5) |
(4,6) |
b. Ada 24 hasil kemungkinan dan semua sama besar
kemungkinannya
c.
Jumlah |
Peluang |
2 |
1/24 |
3 |
2/24 |
4 |
3/24 |
5 |
4/24 |
6 |
4/24 |
7 |
4/24 |
8 |
3/24 |
9 |
2/24 |
10 |
1/24 |
d. Jumlah 5, 6, 7 memiliki peluang paling besar yaitu
masing-masing 4/24
e. 1/24 + 2/24 = 3/24
6. Gunakan hasil kerja kalian pada soal 4 dan bentuk
yang sesuai dari aturan penjumlahan untuk menjawab pertanyaan berikut yang
berhubungan dengan melempar dua dadu tetrahedron.
a. Berapa peluang kalian mendapatkan perbedaan 3 atau
mendapatkan 2 pada dadu pertama?
b. Berapa peluang mendapatkan selisih 2 atau
mendapatkan angka yang sama?
c. Berapa peluang mendapatkan selisih 0 atau
mendapatkan angka yang sama?
d. Berapa peluang mendapatkan selisih 0 atau jumlah 6?
Jawaban
a. Saling lepas : P = 2/16 + 4/16 = 2/16 = 3/8
b. Saling lepas : P = 4/16 + 4/16 = 8/16 = ½
c. Tidak saling lepas : P = 4/16 + 4/16 – 4/16 = 4/16
= ¼
d. Tidak saling lepas : P = 4/16 + 3/16 + -1/16 = 6/16
= 3/8
Penutup
Itulah Jawaban Lengkap Matematika Kelas 10 Halaman 230-231
beserta dengan pembahasannya. Semoga dengan adanya jawaban dan pembahasan
diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan
pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Pastikan untuk selalu belajar
dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.
Catatan :
1. Konten ini dibuat untuk membantu serta
membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa
siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
3. Artikel ini tidak
mutlak menjamin kebenaran jawaban.