Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133 — Halo kawan, beriku ini kita akan membahas tentang “Mari Mencari Tahu” yang terdapat pada buku siswa kelas 4 SD/MI. Saya berharap dengan adanya jawaban berikut dapat membantu kawan semuanya dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.
Pembahasan
di bawah ini bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya. Sebelum kita membahasnya, saya menginagtkan supaya kawan
semuanya mengerjakan pertanyaannya terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun
berkelompok.
Bila
kawan menemukan kesulitan, atau sudah selesai dalam menjawab soalnya, silahkan
buka jawaban yang telah kami buat untuk membandingkan dengan jawaban yang telah
kalian kerjakan sebelumnya.
Tidak
hanya jawaban, kami juga menyediakan pembahasannya yang bisa kalian pelajari
untuk lebih memahami lagi dengan materi yang telah disampaikan bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133
Mari Mencari Tahu
Tantangan
Kakek Ian
Sore
hari tiba, Banu datang ke rumah Ian, tak sabar mendengar cerita dari Kakek Ian.
Sebelum bercerita, Kakek Ian memberi Banu dan Ian tantangan.
Kakek
Ian, menantang Banu dan Ian untuk menebak siapa saja tokoh di benda tersebut.
Benda apakah itu? Yuk, coba bantu Banu dan Ian mendapatkan jawabannya. Siapkan
buku tugas dan baca dahulu instruksinya sebelum memulai kegiatan.
1.
Guru kalian akan meminta kalian mengeluarkan uang kertas yang sudah diminta
membawa sebelumnya.
2.
Salinlah tabel berikut ini pada buku tugas kalian. Tabel ini digunakan untuk
menyimpan informasi yang kalian dapatkan dari hasil observasi.
Nominal |
Tokoh Pada Gambar |
Asal Daerah Tokoh |
Peran Tokoh |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kalian dapat mulai mengamati benda tersebut.
4.
Kalian dapat mencari tahu dengan mencari informasi dalam buku, internet, atau
pun dengan bertanya pada orang di sekeliling kalian. Kalian juga dapat meminta
artikel tambahan dari guru kalian.
5.
Tuliskan jawaban kalian pada buku tulis.
Jawaban
Nominal |
Tokoh Pada Gambar |
Asal Daerah Tokoh |
Peran Tokoh |
Rp. 100 |
Prof. Dr. Ir. Herman
Johannes |
Rote, NTT |
Keahliannya sebagai
fisikawan dan kimiawan ternyata berguna untuk memblokade gerak pasukan
Belanda selama clash I dan II pada Agresi Militer 1 dan 2 |
Rp. 200 |
Dr. Tjipto
Mangunkusumo |
Pacengan, Jepara |
Sebagai tokoh
kebangkitan nasional dan sebagai pendiri Indische Partij. Organisasi ini
adalah organisasi pertama yang secara tegas menyerukan kemerdekaan Indonesia |
Rp. 500 |
TB Simatupang |
Sidikalang, Tapanuli |
Pembangunan sistem
militer pada masa-masa awal kemerdekaan Indonesia |
Rp. 1.000 |
Tjut Meutia |
Pirak, NAD (Nanggroe
Aceh Darussalam) |
Cut Meutia dikenal
sebagai ahli pengatur strategi pertempuran melawan belanda di Aceh |
Rp. 2.000 |
Mohammad Hoesni
Thamrin |
DKI Jakarta |
M. H. Thamrin
merupakan salah satu anggota Volksraad yang memimpin Fraksi Nasional. |
Rp. 5.000 |
Dr. K.H. Idham Chalid |
Satui, Kalimantan
Selatan |
Menjabat sebagai
Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan
Kabinet Djuanda, Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR |
Rp. 10.000 |
Frans Kaisiepo |
Biak, Papua |
Mempopulerkan lagu
Indonesia Raya di Papua saat menjelang Indonesia merdeka. Ia juga turut
berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei
1946. |
Rp. 20.000 |
Dr. Gerungan Saul
Samuel Jacob Ratulangi atau (Dr. G.S.S.J. Ratulangi) |
Minahasa, Sulawesi
Utara |
Anggota Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) |
Rp. 50.000 |
Ir. H. Djuanda
Kartawidjaja |
Tasikmalaya, Jawa
barat |
Perdana Menteri
Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir |
Rp. 100.000 |
Dr. (H.C.) Ir.
Soekarno dan |
Blitra, Jawa Timur,
dan Bukittinggi Sumatera Barat |
Proklamator
kemerdekaan Republik Indonsesia |
Penjelasan
Pemerintah
memberikan nama pahlawan pada mata uang negara sebagai bentuk penghormatan dan
pengakuan atas jasa-jasa dan peran penting yang telah dimainkan oleh para
pahlawan dalam sejarah dan perjuangan bangsa.
Selain
itu, dengan memberikan nama pahlawan pada mata uang, pemerintah juga ingin
mengenalkan sosok-sosok pahlawan kepada generasi muda sebagai bagian dari upaya
membangun rasa nasionalisme dan mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam
memperjuangkan kemerdekaan dan kejayaan bangsa.
Selain
itu, nama pahlawan pada mata uang juga dapat menjadi bagian dari upaya
memperkuat identitas nasional dan menguatkan simbol-simbol kebangsaan.
Dengan
memasukkan gambar atau nama pahlawan pada mata uang, maka mata uang tersebut
akan menjadi lebih berarti dan bernilai bagi masyarakat, serta dapat memperkuat
rasa kebanggaan sebagai bagian dari negara yang memiliki sejarah dan budaya
yang kaya.
Penutup
Itulah Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI
Halaman 133 dan juga pembahasannya untuk membantu kawan semuanya. Pelajari
kembali apa yang telah kalian peroleh untuk lebih paham dengan materinya. Selalu
rajin belajar baik dirumah maupun disekolah. Selamat mengerjakan.
Tambahan :
1. Jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya.
2. Kalian bisa mencari jawaban yang lebih baik lagi
dan lebih meyakinkan.
3. Jawaban di atas
tidak menjamin kebenarannya.
Posting Komentar untuk "Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133"