Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133

Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133 Halo kawan, beriku ini kita akan membahas tentang “Mari Mencari Tahu” yang terdapat pada buku siswa kelas 4 SD/MI. Saya berharap dengan adanya jawaban berikut dapat membantu kawan semuanya dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.

Pembahasan di bawah ini bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya. Sebelum kita membahasnya, saya menginagtkan supaya kawan semuanya mengerjakan pertanyaannya terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun berkelompok.

Bila kawan menemukan kesulitan, atau sudah selesai dalam menjawab soalnya, silahkan buka jawaban yang telah kami buat untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.

Tidak hanya jawaban, kami juga menyediakan pembahasannya yang bisa kalian pelajari untuk lebih memahami lagi dengan materi yang telah disampaikan bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133

Mari Mencari Tahu

Tantangan Kakek Ian

Sore hari tiba, Banu datang ke rumah Ian, tak sabar mendengar cerita dari Kakek Ian. Sebelum bercerita, Kakek Ian memberi Banu dan Ian tantangan.

Kakek Ian, menantang Banu dan Ian untuk menebak siapa saja tokoh di benda tersebut. Benda apakah itu? Yuk, coba bantu Banu dan Ian mendapatkan jawabannya. Siapkan buku tugas dan baca dahulu instruksinya sebelum memulai kegiatan.

1. Guru kalian akan meminta kalian mengeluarkan uang kertas yang sudah diminta membawa sebelumnya.

2. Salinlah tabel berikut ini pada buku tugas kalian. Tabel ini digunakan untuk menyimpan informasi yang kalian dapatkan dari hasil observasi.

Nominal

Tokoh Pada Gambar

Asal Daerah Tokoh

Peran Tokoh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kalian dapat mulai mengamati benda tersebut.

4. Kalian dapat mencari tahu dengan mencari informasi dalam buku, internet, atau pun dengan bertanya pada orang di sekeliling kalian. Kalian juga dapat meminta artikel tambahan dari guru kalian.

5. Tuliskan jawaban kalian pada buku tulis.

Jawaban

Nominal

Tokoh Pada Gambar

Asal Daerah Tokoh

Peran Tokoh

Rp. 100

Prof. Dr. Ir. Herman Johannes

Rote, NTT

Keahliannya sebagai fisikawan dan kimiawan ternyata berguna untuk memblokade gerak pasukan Belanda selama clash I dan II pada Agresi Militer 1 dan 2

Rp. 200

Dr. Tjipto Mangunkusumo

Pacengan, Jepara

Sebagai tokoh kebangkitan nasional dan sebagai pendiri Indische Partij. Organisasi ini adalah organisasi pertama yang secara tegas menyerukan kemerdekaan Indonesia

Rp. 500

TB Simatupang

Sidikalang, Tapanuli

Pembangunan sistem militer pada masa-masa awal kemerdekaan Indonesia

Rp. 1.000

Tjut Meutia

Pirak, NAD (Nanggroe Aceh Darussalam)

Cut Meutia dikenal sebagai ahli pengatur strategi pertempuran melawan belanda di Aceh

Rp. 2.000

Mohammad Hoesni Thamrin

DKI Jakarta

M. H. Thamrin merupakan salah satu anggota Volksraad yang memimpin Fraksi Nasional.

Rp. 5.000

Dr. K.H. Idham Chalid

Satui, Kalimantan Selatan

Menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda, Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR

Rp. 10.000

Frans Kaisiepo

Biak, Papua

Mempopulerkan lagu Indonesia Raya di Papua saat menjelang Indonesia merdeka. Ia juga turut berperan dalam pendirian Partai Indonesia Merdeka (PIM) pada tanggal 10 Mei 1946.

Rp. 20.000

Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau (Dr. G.S.S.J. Ratulangi)

Minahasa, Sulawesi Utara

Anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)

Rp. 50.000

Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Tasikmalaya, Jawa barat

Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir

Rp. 100.000

Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan 
Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta

Blitra, Jawa Timur, dan Bukittinggi Sumatera Barat

Proklamator kemerdekaan Republik Indonsesia

Penjelasan

Pemerintah memberikan nama pahlawan pada mata uang negara sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas jasa-jasa dan peran penting yang telah dimainkan oleh para pahlawan dalam sejarah dan perjuangan bangsa.

Selain itu, dengan memberikan nama pahlawan pada mata uang, pemerintah juga ingin mengenalkan sosok-sosok pahlawan kepada generasi muda sebagai bagian dari upaya membangun rasa nasionalisme dan mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kejayaan bangsa.

Selain itu, nama pahlawan pada mata uang juga dapat menjadi bagian dari upaya memperkuat identitas nasional dan menguatkan simbol-simbol kebangsaan.

Dengan memasukkan gambar atau nama pahlawan pada mata uang, maka mata uang tersebut akan menjadi lebih berarti dan bernilai bagi masyarakat, serta dapat memperkuat rasa kebanggaan sebagai bagian dari negara yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya.

Penutup

Itulah Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133 dan juga pembahasannya untuk membantu kawan semuanya. Pelajari kembali apa yang telah kalian peroleh untuk lebih paham dengan materinya. Selalu rajin belajar baik dirumah maupun disekolah. Selamat mengerjakan.

Tambahan  :

1. Jawaban diatas hanya untuk  membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Kalian bisa mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya.

Baca Juga : 

Posting Komentar untuk "Jawaban Mari Mencari Tahu IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 133"