Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 106-107
Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 106-107 — Halo kawan, berikut ini kita akan membahas tentang “Mari Mencoba” yang terdapat pada buku siswa kelas 4 SD/MI. Saya berharap dengan adanya jawaban berikut dapat membantu kawan semuanya dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.
Pembahasan
di bawah ini bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya. Sebelum kita membahasnya, saya menginagtkan supaya kawan
semuanya mengerjakan pertanyaannya terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun
berkelompok.
Bila
kawan menemukan kesulitan, atau sudah selesai dalam menjawab soalnya, silahkan
buka jawaban yang telah kami buat untuk membandingkan dengan jawaban yang telah
kalian kerjakan sebelumnya.
Tidak
hanya jawaban, kami juga menyediakan pembahasannya yang bisa kalian pelajari
untuk lebih memahami lagi dengan materi yang telah disampaikan bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 106-107
Mari Mencoba
Yuk, kita lakukan beberapa percobaan untuk lebih
memahami apa itu energi potensial. Perhatikan instruksinya terlebih dahulu sebelum
memulai.
Energi Potensial pada Lilin
Alat dan bahan
- Lilin 1 batang.
- Korek api.
- Wadah untuk menyimpan lilin.
Keamanan
Harap berhati-hati saat melakukan percobaan dengan
api. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa
kesulitan.
Langkah Percobaan
1. Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada
wadah lilin.
2. Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan
berikut pada buku tugas.
a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan
korek api?
Jawaban
Batang lilin dan korek api mengandung energi kimia
potensial yang dapat dilepaskan dalam bentuk panas dan cahaya saat terbakar.
Energi kimia potensial ini disimpan dalam senyawa organik yang terkandung dalam
batang lilin dan korek api.
Senyawa organik yang paling umum ditemukan dalam
batang lilin adalah lilin parafin, yang terbuat dari minyak bumi atau
petroleum. Ketika lilin parafin terbakar, senyawa-senyawa organik yang
terkandung di dalamnya bereaksi dengan oksigen di udara dan menghasilkan energi
panas dan cahaya.
Sementara itu, batang korek api mengandung senyawa
kimia yang dapat membantu mempercepat pembakaran dan mempertahankan api,
seperti fosforus putih dan campuran senyawa kimia yang dapat memunculkan api
saat terkena panas dan gesekan.
Ketika batang korek di gesekkan dengan permukaan kasar
pada kotak korek, gesekan ini dapat memicu pelepasan senyawa kimia yang
terkandung di dalamnya, yang kemudian akan terbakar dan menghasilkan api yang
dapat digunakan untuk berbagai keperluan.
Dalam kedua kasus, energi kimia potensial diubah
menjadi energi panas dan cahaya saat terbakar
b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian
melihat energi dari benda ini?
Jawaban
Saat keadaan mati atau tidak dinyalakan seperti tidak
ada energi yang tampak.
c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin
dinyalakan?
Jawaban
Saat korek api dan lilin dinyalakan, energi kimia
potensial yang tersimpan dalam senyawa organik di dalam korek api dan lilin
dilepaskan dan diubah menjadi energi termal dan radiasi cahaya.
Ketika ujung korek api digesekkan pada kotak korek,
panas yang dihasilkan dari gesekan tersebut memicu pelepasan senyawa kimia yang
terkandung di dalam korek api, seperti fosforus putih, yang kemudian terbakar
dan menghasilkan api yang membakar batang korek. Saat terbakar, senyawa organik
di dalam korek api bereaksi dengan oksigen di udara dan menghasilkan energi
panas dan cahaya.
Sementara itu, saat lilin dinyalakan, panas yang
dihasilkan dari api menyebabkan lilin meleleh dan mencair. Senyawa organik di
dalam lilin, seperti lilin parafin, bereaksi dengan oksigen di udara dan
menghasilkan energi panas dan cahaya yang memancar dari api lilin.
Dalam kedua kasus, energi kimia potensial yang
tersimpan dalam senyawa organik diubah menjadi energi termal dan radiasi cahaya
saat korek api dan lilin dinyalakan.
d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan
ini?
Jawaban
Proses menyalakan lilin dan korek api melibatkan
transformasi energi dari energi kimia menjadi energi termal dan radiasi cahaya.
Ketika kita menyalakan korek api, gesekan yang terjadi
antara ujung korek dengan permukaan kasar pada kotak korek menyebabkan
pelepasan senyawa kimia, seperti fosforus putih, dari ujung korek. Senyawa
kimia ini kemudian terbakar dan bereaksi dengan oksigen di udara, menghasilkan
energi termal dan cahaya yang keluar dari api korek.
Sedangkan ketika kita menyalakan lilin, proses yang
terjadi adalah pembakaran senyawa organik, seperti lilin parafin, yang terdapat
dalam batang lilin. Saat lilin dinyalakan, panas dari api memanaskan lilin dan
melelehkan batang lilin, sehingga senyawa organik di dalam lilin dapat bereaksi
dengan oksigen di udara. Hasil reaksi ini adalah energi termal dan radiasi
cahaya yang dihasilkan oleh api lilin.
Dalam kedua kasus, terjadi transformasi energi dari
energi kimia potensial yang tersimpan dalam senyawa kimia atau organik di korek
api atau lilin menjadi energi termal dan radiasi cahaya yang dihasilkan oleh
api.
3. Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku
tugas.
Penjelasan
Gesekan merupakan proses pertama dalam menyalakan api
dari batang korek. Ketika Anda menggesekkan batang korek dengan permukaan kasar
yang terdapat pada kotak korek, maka akan terjadi gesekan yang menyebabkan
panas. Panas ini dapat menghasilkan percikan api yang akan membakar ujung
batang korek yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar.
Proses gesekan ini dapat memicu pelepasan senyawa
kimia dari batang korek, seperti fosforus putih, yang dapat membantu
mempercepat pembakaran dan mempertahankan api. Setelah terbakar, ujung batang
korek akan menghasilkan api yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan,
seperti menyalakan kompor, lilin, atau api unggun.
Namun, perlu diingat bahwa penggunaan korek api harus
dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana, karena dapat menyebabkan kebakaran
jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti
petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dan selalu berhati-hati saat
menggunakan korek api.
Penutup
Itulah Jawaban Mari Mencoba IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman
106-107 dan juga pembahasannya untuk membantu kawan semuanya. Pelajari kembali
apa yang telah kalian peroleh untuk lebih paham dengan materinya. Selalu rajin
belajar baik dirumah maupun disekolah. Selamat mengerjakan.
Tambahan :
1. Jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya.
2. Kalian bisa mencari jawaban yang lebih baik lagi
dan lebih meyakinkan.
3. Jawaban di atas
tidak menjamin kebenarannya.