Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11 — Hai sob, Pada kesempatan ini akan membahas jawaban pada “Mari Uji Kemampuan Kalian”. Pertanyaan tersebut terdapat pada muatan pelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, sobat semuanya dapat memahami materi yang ada pada buku siswa.

Sangat baik bila sobat semuanya membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, pertanyaan dibawah ini berasal dari buku siswa yang telah kalain pelajari di sekolah. Dengan sering membaca dan memahami materinya, maka sobat semuanya akan mudah dalam menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini.

Disini, kami juga menyediakan jawaban yang disertai dengan pembahasannya. Pembahasan tersebut bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Tidak hanya sebagai pembanding, jawaban dibawah ini juga untuk meyakinkan sobat semuanya.

Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Apa saja alat-alat laboratorium yang digunakan untuk melakukan hal[1]hal di bawah ini?

a. Mengukur volume air sebanyak 25 mL.

Jawaban
Gelas ukur

b. Memanaskan air.

Jawaban
gelas kimia, kaki tiga, kawat kasa

c. Mengukur suhu air setelah dipanaskan.

Jawaban
Termometer

d. Mencampur bahan kimia dalam jumlah yang sedikit.

Jawaban
Tabung reaksi

e. Mengambil garam untuk ditimbang sebelum digunakan.

Jawaban
Kaca arloji dan spatula

f. Mengaduk garam agar dapat larut dalam air.

Jawaban
Batang pengaduk

2. Bandingkanlah alat-alat laboratorium berikut ini dengan menyebutkan persamaan dan perbedaannya.

a. Batang pengaduk dan spatula.

Jawaban
Persamaan
: Batang pengaduk dan spatula sekilas terlihat sama-sama memiliki bentuk yang lurus panjang seperti stik.
Perbedaan: Batang pengaduk terbuat dari bahan kaca, sedangkan spatula terbuat dari logam.

b. Gelas kimia dan labu Erlenmeyer.

Jawaban
Perbedaan
: gelas kimia dan labu Erlenmeyer adalah bentuknya yang berbeda, serta ketelitiannya juga berbeda.
Persamaan: keduanya menjadi wadah untuk menapung bahan kimia cair dan juga untuk membuat larutan.

c. Kawat kasa dan segitiga porselen.

Jawaban
Perbedaan
: Kawat kasa berfungsi untuk menyangga gelas kimia ketika dipanaskan di atas bunsen, sedangkan segitiga porselen berfungsi untuk menyangga wadah bahan-bahan yang dipanaskan di atas kaki tiga.
Persamaan: Sama-sama berfungsi sebagai penyangga.

d. Tabung reaksi dan cawan penguap

Jawaban
Perbedaan
: Tabung reaksi digunakan dalam reaksi berbasis larutan, sedangkan cawan penguap digunakan dalam reaksi bahan yang tidak mudah menguap.
Persamaan: Sama-sama berfungsi sebagai wadah zat yang direaksikan.

3. Perhatikanlah gambar berikut

Jawaban
Peraturan yang dilanggar berdasarkan gambar di atas bermacam-macam antara lain sebagai berikut:
- Makan di laboratorium
- Mencampur bahan kimia tidak dengan instruksi guru
- Memecahkan alat gelas tanpa melaporkan kepada guru
- Bercanda di dalam laboratorium.
- Tidak menggunakan perlengkapan keselamatan laboratorium seperti jas laboratorium, kacamata pengaman atau sarung tangan
- Membuang bahan kimia ke dalam bak cuci alat tanpa menanyakan pada guru
- Membaui cairan kimia secara langsung

Sarankan untuk memperbaikinya: Guru harus bertindak tegas demi keamanan dan keselamatan siswa selama bekerja di Laboratorium. Bila perlu, memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar peraturan tersebut

4. Gambarlah diagram 2D untuk susunan alat-alat secara lengkap yang digunakan untuk memanaskan air yang suhunya akan diukur setiap 3 menit.

5. Dalam kelompok kecil, pilihlah salah satu peraturan keselamatan laboratorium, lalu buatkan poster mengenai peraturan itu dengan tulisan yang mudah terbaca dari jauh dengan disertai gambar. Poster itu dapat ditempel di laboratorium, untuk mengingatkan kalian dengan teman[1]teman kalian tentang peraturan itu.

6. Lakukanlah percobaan dari aktivitas 1.5 berikut ini bersama guru dan teman-teman kalian di laboratorium IPA dengan menjalankan peraturan keselamatan yang telah kalian tentukan. Setelah melakukan kegiatan percobaan, evaluasilah kembali langkah-langkah yang kalian lakukan dengan menjawab pertanyaan pada bagian Refleksi

Penutup

Itulah  Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11 yang telah kami sediakan untuk sobat semuanya. Tidak hanya jawaban saja kami juga melengkapinya dengan pembahasan. Yang pastinya sobat semuanya harus selalu rajin belajar dan berlatih supaya lebih cepat memahami materi. Selamat mengerjakan.

Tambahan  :

1. Jawaban ini bersifat sebagai pembanding dan menyakinkan dengan jawaban yang telah dikerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik dan lebih meyakinkan.
3. Tidak ada jaminan kebenaran pada jawaban di atas.

Baca Juga :