Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33  —Hai sob, Pada kesempatan ini akan membahas jawaban pada “Mari Uji Kemampuan Kalian”. Pertanyaan tersebut terdapat pada muatan pelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, sobat semuanya dapat memahami materi yang ada pada buku siswa.

Sangat baik bila sobat semuanya membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, pertanyaan dibawah ini berasal dari buku siswa yang telah kalain pelajari di sekolah. Dengan sering membaca dan memahami materinya, maka sobat semuanya akan mudah dalam menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini.

Disini, kami juga menyediakan jawaban yang disertai dengan pembahasannya. Pembahasan tersebut bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan. Tidak hanya sebagai pembanding, jawaban dibawah ini juga untuk meyakinkan sobat semuanya.

Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33

Mari Uji Kemampuan Kalian

1. Identifikasilah pernyataan berikut apakah benar atau salah. Ubahlah pernyataan yang salah hingga menjadi benar.

a. Mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kualitatif.

b. Warna suatu larutan adalah contoh pengamatan kualitatif.

c. Satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah detik.

d. Jam adalah satuan untuk waktu sesuai Standar Internasional.

e. Volume adalah contoh besaran turunan.

Jawaban :
a. Pernyataan salah. Mengukur menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kuantitatif, karena menghasilkan angka atau ukuran yang dapat diukur.

b. Pernyataan benar.

c. Pernyataan salah. Satuan yang tepat untuk mengukur jarak adalah meter.

d. Pernyataan salah. Jam adalah satuan untuk waktu, tetapi sesuai Standar Internasional, satuan waktu yang digunakan adalah detik.

e. Pernyataan benar. Volume adalah contoh besaran turunan, yaitu hasil perkalian antara tiga dimensi ruang (panjang, lebar, dan tinggi).








2. Apakah dua kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada Gambar 1.18?

Jawaban :
- Tidak memeriksa skala termometer dengan benar: Siswa mungkin tidak memeriksa dengan benar skala termometer sebelum menggunakannya. Skala termometer harus dibaca dan diketahui dengan baik sebelum pengukuran dilakukan.

- Tidak menutup rapat wadah: Siswa seringkali tidak menutup rapat wadah yang berisi bahan yang diukur suhunya, seperti termometer dalam termos. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran panas dan menghasilkan hasil pengukuran yang tidak akurat.

3. Lihatlah sekeliling kelas kalian dan buatkan dua (2) pengamatan kualitatif dan dua (2) pengamatan kuantitatif.

Pengamatan Kualitatif:

- Kelas ini terlihat bersih dan rapi. Papan tulis dan meja terlihat baru dan tidak ada tanda-tanda kerusakan.

- Siswa-siswa terlihat aktif dan antusias dalam mengerjakan tugas-tugas mereka. Mereka berkomunikasi dengan baik satu sama lain dan terlihat fokus pada pembelajaran.

Jawaban
Pengamatan Kuantitatif:
- Jumlah siswa di kelas ini adalah 30 orang.
- Dalam sebuah sesi pembelajaran, 80% siswa menjawab benar pada kuis yang diberikan oleh guru.

4. Sebutkan nama alat ukur di bawah ini lalu nyatakan hasil pengukuran dilengkapi satuannya






Jawaban 

Termometer
Termometer adalah alat pengukur suhu. Termometer yang umum digunakan adalah termometer raksa atau alkohol. Pengukuran suhu ruang biasanya menggunakan raksa. Secara umum, ada dua macam termometer, yaitu termometer gelas dan termometer non gelas.






Neraca Analog
Alat untuk mengukur berat benda adalah timbangan analog. Timbangan analog adalah jenis neraca yang menggunakan sistem pegas pada penggunaannya. Ciri khas dari timbangan ini adalah pada indikatornya terdapat garis penanda dan jarum penunjuk.

Gelas Ukur (Measuring Cylinders)
Gelas ukur berbentuk silinder, terbuat dari jenis gelas boroksilikat. Kapasitas volume gelas ukur 5 – 2000 mL. Prinsip Kerja : Mengukur cairan secara tidak teliti dan tidak masuk dalam perhitungan.

- Dapat digunakan untuk merendam pipet dalam asam pencuci
- Gelas ukur yang dilengkapi dengan tutup asah digunakan untuk melarutkan zat hingga volume tertentu.

5. Ketika kalian menyentuh air hangat, maka kalian dapat mengetahui bahwa suhunya lebih tinggi dari air di bak kamar mandi kalian. Kalian juga dapat merasakan dinginya es batu ketika kalian memegangnya, namun mengapa tangan tidak dapat dijadikan satuan baku?

Jawaban :
Tangan manusia tidak dapat dijadikan satuan baku yang akurat karena setiap individu memiliki ukuran tangan yang berbeda. Selain itu, persepsi suhu dan kepekaan dingin pada setiap individu juga berbeda-beda.

Oleh karena itu, penggunaan tangan sebagai satuan baku tidak dapat memberikan hasil yang konsisten dan dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengukuran. Sebagai gantinya, digunakanlah satuan baku yang telah ditetapkan secara internasional seperti Celsius, Fahrenheit, atau Kelvin untuk mengukur suhu dan gram, kilogram, atau pon untuk mengukur massa.

Penutup

Itulah Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33 yang telah kami sediakan untuk sobat semuanya. Tidak hanya jawaban saja kami juga melengkapinya dengan pembahasan. Yang pastinya sobat semuanya harus selalu rajin belajar dan berlatih supaya lebih cepat memahami materi. Selamat mengerjakan.

Tambahan  :

1. Jawaban ini bersifat sebagai pembanding dan menyakinkan dengan jawaban yang telah dikerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih baik dan lebih meyakinkan.
3. Tidak ada jaminan kebenaran pada jawaban di atas. 

Baca Juga:

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 6-7
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 21