Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33 —Hai sob, Pada kesempatan ini akan membahas jawaban pada “Mari Uji Kemampuan Kalian”. Pertanyaan tersebut terdapat pada muatan pelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs. Diharapkan dengan adanya pembahasan kali ini, sobat semuanya dapat memahami materi yang ada pada buku siswa.
Sangat baik bila sobat semuanya membaca dan memahami
materinya terlebih dahulu sebelum langsung menjawab pertanyaannya. Sebab, pertanyaan
dibawah ini berasal dari buku siswa yang telah kalain pelajari di sekolah. Dengan
sering membaca dan memahami materinya, maka sobat semuanya akan mudah dalam
menjawab pertanyaan yang ada dibawah ini.
Disini, kami juga menyediakan jawaban yang disertai
dengan pembahasannya. Pembahasan tersebut bersifat sebagai pembanding dengan
jawaban yang telah kalian kerjakan. Tidak hanya sebagai pembanding, jawaban
dibawah ini juga untuk meyakinkan sobat semuanya.
Jawaban IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33
Mari Uji Kemampuan Kalian
1. Identifikasilah
pernyataan berikut apakah benar atau salah. Ubahlah pernyataan yang salah
hingga menjadi benar.
a. Mengukur
menggunakan penggaris adalah contoh pengamatan secara kualitatif.
b. Warna suatu
larutan adalah contoh pengamatan kualitatif.
c. Satuan yang
tepat untuk mengukur jarak adalah detik.
d. Jam adalah satuan
untuk waktu sesuai Standar Internasional.
e. Volume adalah
contoh besaran turunan.
Jawaban :
a. Pernyataan salah. Mengukur menggunakan penggaris
adalah contoh pengamatan secara kuantitatif, karena menghasilkan angka atau
ukuran yang dapat diukur.
b. Pernyataan benar.
c. Pernyataan salah. Satuan yang tepat untuk mengukur
jarak adalah meter.
d. Pernyataan salah. Jam adalah satuan untuk waktu,
tetapi sesuai Standar Internasional, satuan waktu yang digunakan adalah detik.
e. Pernyataan benar. Volume adalah contoh besaran turunan, yaitu hasil perkalian antara tiga dimensi ruang (panjang, lebar, dan tinggi).
2. Apakah dua kesalahan
yang dilakukan oleh siswa pada Gambar 1.18?
Jawaban :
- Tidak memeriksa skala termometer dengan benar: Siswa
mungkin tidak memeriksa dengan benar skala termometer sebelum menggunakannya.
Skala termometer harus dibaca dan diketahui dengan baik sebelum pengukuran
dilakukan.
- Tidak menutup rapat wadah: Siswa seringkali tidak
menutup rapat wadah yang berisi bahan yang diukur suhunya, seperti termometer
dalam termos. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran panas dan menghasilkan hasil
pengukuran yang tidak akurat.
3. Lihatlah
sekeliling kelas kalian dan buatkan dua (2) pengamatan kualitatif dan dua (2)
pengamatan kuantitatif.
Pengamatan
Kualitatif:
- Kelas ini
terlihat bersih dan rapi. Papan tulis dan meja terlihat baru dan tidak ada tanda-tanda
kerusakan.
- Siswa-siswa
terlihat aktif dan antusias dalam mengerjakan tugas-tugas mereka. Mereka
berkomunikasi dengan baik satu sama lain dan terlihat fokus pada pembelajaran.
Jawaban
Pengamatan
Kuantitatif:
- Jumlah siswa di
kelas ini adalah 30 orang.
- Dalam sebuah
sesi pembelajaran, 80% siswa menjawab benar pada kuis yang diberikan oleh guru.
4. Sebutkan nama alat ukur di bawah ini lalu nyatakan hasil pengukuran dilengkapi satuannya
Jawaban
Termometer
Termometer adalah
alat pengukur suhu. Termometer yang umum digunakan adalah termometer raksa atau
alkohol. Pengukuran suhu ruang biasanya menggunakan raksa. Secara umum, ada dua
macam termometer, yaitu termometer gelas dan termometer non gelas.
Neraca Analog
Alat untuk mengukur berat benda adalah timbangan
analog. Timbangan analog adalah jenis neraca yang menggunakan sistem pegas pada
penggunaannya. Ciri khas dari timbangan ini adalah pada indikatornya terdapat
garis penanda dan jarum penunjuk.
Gelas Ukur (Measuring Cylinders)
Gelas ukur berbentuk silinder, terbuat dari jenis
gelas boroksilikat. Kapasitas volume gelas ukur 5 – 2000 mL. Prinsip Kerja :
Mengukur cairan secara tidak teliti dan tidak masuk dalam perhitungan.
- Dapat
digunakan untuk merendam pipet dalam asam pencuci
- Gelas
ukur yang dilengkapi dengan tutup asah digunakan untuk melarutkan zat hingga
volume tertentu.
5. Ketika kalian
menyentuh air hangat, maka kalian dapat mengetahui bahwa suhunya lebih tinggi
dari air di bak kamar mandi kalian. Kalian juga dapat merasakan dinginya es
batu ketika kalian memegangnya, namun mengapa tangan tidak dapat dijadikan
satuan baku?
Jawaban :
Tangan manusia tidak dapat dijadikan satuan baku yang
akurat karena setiap individu memiliki ukuran tangan yang berbeda. Selain itu,
persepsi suhu dan kepekaan dingin pada setiap individu juga berbeda-beda.
Oleh karena itu, penggunaan tangan sebagai satuan baku
tidak dapat memberikan hasil yang konsisten dan dapat mengakibatkan kesalahan
dalam pengukuran. Sebagai gantinya, digunakanlah satuan baku yang telah
ditetapkan secara internasional seperti Celsius, Fahrenheit, atau Kelvin untuk
mengukur suhu dan gram, kilogram, atau pon untuk mengukur massa.
Penutup
Itulah Jawaban Mari
Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 33 yang
telah kami sediakan untuk sobat semuanya. Tidak hanya jawaban saja kami juga
melengkapinya dengan pembahasan. Yang pastinya sobat semuanya harus selalu
rajin belajar dan berlatih supaya lebih cepat memahami materi. Selamat
mengerjakan.
Tambahan :
1. Jawaban ini bersifat sebagai pembanding dan
menyakinkan dengan jawaban yang telah dikerjakan sebelumnya.
2. Sobat semuanya dapat mencari jawaban yang lebih
baik dan lebih meyakinkan.
3. Tidak ada jaminan
kebenaran pada jawaban di atas.
Baca Juga:
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 6-7
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 10-11
Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian IPA Kelas 7 SMP/MTs Halaman 21