Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Pertanyaan Esensial IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138

Jawaban Mari Refleksikan IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138Halo kawan, beriku ini kita akan membahas tentang “Pertanyaan Esensial” yang terdapat pada buku siswa kelas 4 SD/MI. Saya berharap dengan adanya jawaban berikut dapat membantu kawan semuanya dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.

Pembahasan di bawah ini bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya. Sebelum kita membahasnya, saya menginagtkan supaya kawan semuanya mengerjakan pertanyaannya terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun berkelompok.

Bila kawan menemukan kesulitan, atau sudah selesai dalam menjawab soalnya, silahkan buka jawaban yang telah kami buat untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.

Tidak hanya jawaban, kami juga menyediakan pembahasannya yang bisa kalian pelajari untuk lebih memahami lagi dengan materi yang telah disampaikan bapak ibu guru.

Jawaban IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138

Pertanyaan Esensial

1. Apa saja kekayaan alam di daerah tempat tinggalku?

Jawaban
Kekayaan alam di Indonesia berbeda-beda karena memiliki keberagaman mulai dari dataran tinggi hingga rendah. Bahkan kekayaan alam juga mencakup pantai atau pesisir, sungai, hingga danau. Kekayaan alam di Indonesia seperti jenis biji kopi berbeda pada setiap daerah.

2. Bagaimana pengaruh geografis daerah tempat tinggalku terhadap kekayaan alamnya?

Jawaban
Pengaruh geografis daerah tempat tinggalmu terhadap kekayaan alamnya bisa beragam tergantung pada lokasi geografis dan kondisi alamiah yang ada di daerah tersebut. Beberapa faktor geografis yang dapat mempengaruhi kekayaan alam suatu daerah meliputi:

Faktor geografis yang dapat mempengaruhi kekayaan alam suatu daerah

Iklim
Iklim dapat mempengaruhi jenis tanaman dan hewan yang dapat hidup di suatu daerah. Iklim yang hangat dan lembap biasanya cocok untuk tanaman tropis seperti pisang, kopi, kelapa, dan sawit. Sedangkan iklim yang lebih dingin dan kering dapat cocok untuk tanaman seperti gandum, kentang, dan buah-buahan yang tahan dingin.

Topografi
Topografi suatu daerah juga dapat mempengaruhi kekayaan alamnya. Daerah yang berbukit-bukit atau bergunung-gung cenderung memiliki sumber daya alam seperti tambang, mineral, dan kayu yang lebih melimpah. Sementara itu, daerah dataran rendah atau pantai cenderung memiliki sumber daya alam yang berhubungan dengan laut seperti ikan, udang, dan kerang.

Ketersediaan air
Ketersediaan air juga dapat mempengaruhi jenis tanaman dan hewan yang dapat hidup di suatu daerah. Daerah yang memiliki sumber air yang melimpah cenderung memiliki kekayaan alam seperti sawah, ladang, dan kebun buah-buahan yang subur.

Kondisi geologis
Kondisi geologis suatu daerah dapat mempengaruhi jenis tambang dan mineral yang dapat ditemukan di daerah tersebut. Misalnya, daerah yang terletak di dekat zona tektonik aktif dapat memiliki sumber daya seperti gas bumi dan minyak bumi yang melimpah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh geografis daerah tempat tinggalmu terhadap kekayaan alamnya, perlu diketahui terlebih dahulu faktor-faktor geografis yang mempengaruhinya.

Pengaruh geografis suatu daerah akan berpengaruh pada kekayaan alam Seperti daerah pesisir akan kaya dengan kekayaan alam laut, mulai ikan dan lainnya. Sedangkan dataran tinggi memiliki kekayaan alam seperti karet, teh, kopi, cengkeh, kayu jati, cokelat, dan kina.

Selain itu, pengaruh geografis suatu daerah akan berpengaruh pada kekayaan alam Seperti daerah pesisir akan kaya dengan kekayaan alam laut, mulai ikan dan lainnya. Sedangkan dataran tinggi memiliki kekayaan alam seperti karet, teh, kopi, cengkeh, kayu jati, cokelat, dan kina

3. Bagaimana cara bijak untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggalku?

Jawaban
Secara umum, untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah secara bijak, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

Hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan kekayaan alam secara bijak

Pemanfaatan yang berkelanjutan
Memanfaatkan kekayaan alam secara berkelanjutan berarti tidak merusak atau mengurangi potensi alam di masa depan. Misalnya, dalam mengambil kayu dari hutan, dapat dilakukan dengan cara menanam kembali pohon pengganti atau menjaga agar hutan tidak rusak akibat aktivitas penebangan kayu.

Pemanfaatan yang ramah lingkungan
Pemanfaatan kekayaan alam yang ramah lingkungan berarti tidak merusak lingkungan sekitar atau menimbulkan dampak negatif terhadap flora, fauna, dan manusia. Misalnya, dalam melakukan penambangan bijih logam, perlu dilakukan dengan cara yang aman dan tidak mencemari lingkungan sekitar.

Pemanfaatan yang berkeadilan
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus dilakukan secara adil dan merata bagi seluruh warga masyarakat. Hal ini berarti semua pihak harus dapat memperoleh manfaat dari kekayaan alam di daerah tersebut, baik secara ekonomi maupun sosial.

Pemanfaatan yang menghasilkan nilai tambah
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Misalnya, pengolahan hasil pertanian menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah atau pengembangan pariwisata yang dapat menarik wisatawan dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Pemanfaatan yang berorientasi pada konservasi
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus diarahkan pada upaya konservasi atau pelestarian alam yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keberlanjutan alam di masa depan.

Dalam memanfaatkan kekayaan alam di daerah, penting untuk memperhatikan keberlanjutan alam dan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Dengan melakukan pemanfaatan yang bijak, maka kekayaan alam dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah tersebut tanpa merusak atau mengorbankan potensi alam di masa depan.

Supaya kekayaan alam tak habis digunakan, maka harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Seperti mengambil, menggunakan, dan mengolah secukupnya agar kekayaan alam yang tersedia masih bisa digunakan jangka panjang. Selain itu, tak melakukan ekploitasi secara berlebihan atau dengan cara yang enggak tepat. Hal tersebut bisa merusak kekayaan alam sehingga tak bisa digunakan kembali.

Penutup

Itulah Jawaban Pertanyaan Esensial IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138 dan juga pembahasannya untuk membantu kawan semuanya. Pelajari kembali apa yang telah kalian peroleh untuk lebih paham dengan materinya. Selalu rajin belajar baik dirumah maupun disekolah. Selamat mengerjakan.

Tambahan  :

1. Jawaban diatas hanya untuk  membandingkan dengan jawaban yang telah kalian kerjakan sebelumnya.
2. Kalian bisa mencari jawaban yang lebih baik lagi dan lebih meyakinkan.
3. Jawaban di atas tidak menjamin kebenarannya. 

Baca Juga :