Jawaban Pertanyaan Esensial IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138
Jawaban Mari Refleksikan IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138 — Halo kawan, beriku ini kita akan membahas tentang “Pertanyaan Esensial” yang terdapat pada buku siswa kelas 4 SD/MI. Saya berharap dengan adanya jawaban berikut dapat membantu kawan semuanya dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah.
Pembahasan
di bawah ini bersifat sebagai pembanding dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya. Sebelum kita membahasnya, saya menginagtkan supaya kawan
semuanya mengerjakan pertanyaannya terlebih dahulu, baik secara mandiri maupun
berkelompok.
Bila
kawan menemukan kesulitan, atau sudah selesai dalam menjawab soalnya, silahkan
buka jawaban yang telah kami buat untuk membandingkan dengan jawaban yang telah
kalian kerjakan sebelumnya.
Tidak
hanya jawaban, kami juga menyediakan pembahasannya yang bisa kalian pelajari
untuk lebih memahami lagi dengan materi yang telah disampaikan bapak ibu guru.
Jawaban IPAS Kelas 4 SD/MI Halaman 138
Pertanyaan Esensial
1. Apa saja kekayaan alam di daerah tempat tinggalku?
Jawaban
Kekayaan alam di Indonesia berbeda-beda karena
memiliki keberagaman mulai dari dataran tinggi hingga rendah. Bahkan kekayaan
alam juga mencakup pantai atau pesisir, sungai, hingga danau. Kekayaan alam di
Indonesia seperti jenis biji kopi berbeda pada setiap daerah.
2. Bagaimana pengaruh geografis daerah tempat
tinggalku terhadap kekayaan alamnya?
Jawaban
Pengaruh geografis daerah tempat tinggalmu terhadap
kekayaan alamnya bisa beragam tergantung pada lokasi geografis dan kondisi
alamiah yang ada di daerah tersebut. Beberapa faktor geografis yang dapat
mempengaruhi kekayaan alam suatu daerah meliputi:
Faktor geografis yang dapat mempengaruhi kekayaan alam suatu daerah
Iklim
Iklim dapat mempengaruhi jenis tanaman dan hewan yang
dapat hidup di suatu daerah. Iklim yang hangat dan lembap biasanya cocok untuk
tanaman tropis seperti pisang, kopi, kelapa, dan sawit. Sedangkan iklim yang
lebih dingin dan kering dapat cocok untuk tanaman seperti gandum, kentang, dan
buah-buahan yang tahan dingin.
Topografi
Topografi suatu daerah juga dapat mempengaruhi
kekayaan alamnya. Daerah yang berbukit-bukit atau bergunung-gung cenderung
memiliki sumber daya alam seperti tambang, mineral, dan kayu yang lebih
melimpah. Sementara itu, daerah dataran rendah atau pantai cenderung memiliki
sumber daya alam yang berhubungan dengan laut seperti ikan, udang, dan kerang.
Ketersediaan air
Ketersediaan air juga dapat mempengaruhi jenis tanaman
dan hewan yang dapat hidup di suatu daerah. Daerah yang memiliki sumber air
yang melimpah cenderung memiliki kekayaan alam seperti sawah, ladang, dan kebun
buah-buahan yang subur.
Kondisi geologis
Kondisi geologis suatu daerah dapat mempengaruhi jenis
tambang dan mineral yang dapat ditemukan di daerah tersebut. Misalnya, daerah
yang terletak di dekat zona tektonik aktif dapat memiliki sumber daya seperti
gas bumi dan minyak bumi yang melimpah.
Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh geografis
daerah tempat tinggalmu terhadap kekayaan alamnya, perlu diketahui terlebih
dahulu faktor-faktor geografis yang mempengaruhinya.
Pengaruh geografis suatu daerah akan berpengaruh pada
kekayaan alam Seperti daerah pesisir akan kaya dengan kekayaan alam laut, mulai
ikan dan lainnya. Sedangkan dataran tinggi memiliki kekayaan alam seperti
karet, teh, kopi, cengkeh, kayu jati, cokelat, dan kina.
Selain itu, pengaruh geografis suatu daerah akan
berpengaruh pada kekayaan alam Seperti daerah pesisir akan kaya dengan kekayaan
alam laut, mulai ikan dan lainnya. Sedangkan dataran tinggi memiliki kekayaan
alam seperti karet, teh, kopi, cengkeh, kayu jati, cokelat, dan kina
3. Bagaimana cara bijak untuk memanfaatkan kekayaan
alam di daerah tempat tinggalku?
Jawaban
Secara umum, untuk memanfaatkan kekayaan alam di
daerah secara bijak, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:
Hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan kekayaan alam secara bijak
Pemanfaatan yang berkelanjutan
Memanfaatkan kekayaan alam secara berkelanjutan
berarti tidak merusak atau mengurangi potensi alam di masa depan. Misalnya,
dalam mengambil kayu dari hutan, dapat dilakukan dengan cara menanam kembali
pohon pengganti atau menjaga agar hutan tidak rusak akibat aktivitas penebangan
kayu.
Pemanfaatan yang ramah lingkungan
Pemanfaatan kekayaan alam yang ramah lingkungan
berarti tidak merusak lingkungan sekitar atau menimbulkan dampak negatif terhadap
flora, fauna, dan manusia. Misalnya, dalam melakukan penambangan bijih logam,
perlu dilakukan dengan cara yang aman dan tidak mencemari lingkungan sekitar.
Pemanfaatan yang berkeadilan
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus dilakukan secara
adil dan merata bagi seluruh warga masyarakat. Hal ini berarti semua pihak
harus dapat memperoleh manfaat dari kekayaan alam di daerah tersebut, baik
secara ekonomi maupun sosial.
Pemanfaatan yang menghasilkan nilai tambah
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus dapat menghasilkan
nilai tambah bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun sosial. Misalnya,
pengolahan hasil pertanian menjadi produk olahan yang memiliki nilai tambah
atau pengembangan pariwisata yang dapat menarik wisatawan dan memberikan
manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.
Pemanfaatan yang berorientasi pada konservasi
Pemanfaatan kekayaan alam juga harus diarahkan pada
upaya konservasi atau pelestarian alam yang dilakukan dengan tujuan untuk
menjaga keberlanjutan alam di masa depan.
Dalam memanfaatkan kekayaan alam di daerah, penting
untuk memperhatikan keberlanjutan alam dan kesejahteraan masyarakat secara
menyeluruh. Dengan melakukan pemanfaatan yang bijak, maka kekayaan alam dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah tersebut tanpa merusak atau
mengorbankan potensi alam di masa depan.
Supaya kekayaan alam tak habis digunakan, maka harus dimanfaatkan
sebaik mungkin. Seperti mengambil, menggunakan, dan mengolah secukupnya agar
kekayaan alam yang tersedia masih bisa digunakan jangka panjang. Selain itu,
tak melakukan ekploitasi secara berlebihan atau dengan cara yang enggak tepat.
Hal tersebut bisa merusak kekayaan alam sehingga tak bisa digunakan kembali.
Penutup
Itulah Jawaban Pertanyaan Esensial IPAS Kelas 4
SD/MI Halaman 138 dan juga pembahasannya untuk membantu kawan semuanya.
Pelajari kembali apa yang telah kalian peroleh untuk lebih paham dengan
materinya. Selalu rajin belajar baik dirumah maupun disekolah. Selamat
mengerjakan.
Tambahan :
1. Jawaban diatas hanya untuk membandingkan dengan jawaban yang telah kalian
kerjakan sebelumnya.
2. Kalian bisa mencari jawaban yang lebih baik lagi
dan lebih meyakinkan.
3. Jawaban di atas
tidak menjamin kebenarannya.